Makanan Penambah Darah Alami Yang Bagus

Darah adalah komponen utama dalam organ tubuh kita yang berfungsi sebagai alat transportasi berbagai nutrisi dan kebutuhan seluruh organ tubuh. Jika alat transportasi ini rusak atau ngadat, tentu saja suplai berbagai nutrisi akan terganggu juga. Ada beberapa jenis gangguan pada darah manusia, salah satunya penyakit anemia atau secara umum dikenal dengan nama kurang darah. Kekurangan darah ini bisa dipicu oleh berbagai hal seperti pola hidup atau pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat ini artinya angka kecukupan gizi nya tidak seimbang, sehingga ada beberapa kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi, misalnya kekurangan zat besi. Zat besi bersama dengan protein membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot.

Oleh karena itu salah satu penyebab kekurangan darah merah adalah kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Jika ini terjadi maka yang diperlukan adalah memperhatikan jenis-jenis makanan penambah darah yang kaya akan zat besi.

Makanan Penambah Darah

Akibat dari kurangnya kandungan zat besi pada tubuh maka akan menyebabkan gejala kurang darah atau anemia. Gejala dari kurangnya zat besi ini adalah sering merasa gelisah bahkan pusing disertai mual. Tubuh pun sering merasa lelah. Tentu saja ini akan menyebabkan aktivitas terganggu. Bila anda mengalami anemia atau dalam kondisi membutuhkan kadar zat besi yang cukup ( seperti ibu hamil ) maka anda perlu mencermati jenis makanan apa saja yang kaya akan zat besi sehingga menambah suplai darah tubuh. Berikut kami sajikan beberapa jenis makanan penambah darah yang kandungan zat besi nya cukup tinggi :

  1. Sayur Bayam

 Bayam adalah jenis sayuran yang sering dikonsumsi sehari-hari. Pada bayam selain kaya akan zat besi yaitu 3,2 mg  (pada 1/2 cangkir bayam yang direbus) juga mengandung Kalsium, beta karoten, vitamin A, C, E, B9.

  1. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah dapat menambah kandungan zat besi tubuh, apalagi zat besi pada daging merah sangat mudah diserap tubuh. Daging merah terdapat pada hewan seperti sapi, kambing atau domba. Tidak hanya dagingnya, bagian janatung dan hati justru kaya akan zat besi.

  1. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan zat besi dibanding jenis kacang lainnya. Selain itu harganya relatif murah dan sekarang juga mudah untuk mendapatkannya.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna selain rasanya lezat, juga sangat tinggi kandungan zat besinya. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 nya serta proteinnya sangat bermanfaat untuk tubuh.

  1. Tomat

Tomat sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam makanan sehari hari kita. Bisa dijadikan sayur atau dijadikan buah segar pencuci mulut. Tomat kaya akan zat besi asam folat, vitamin, beta karoten dan lainnya yang bagus untuk mengatasi kekurangan darah atau anemia.

  1. Delima

Delima adalah buah lezat yang ternyata sangat bagus untuk mengatasi kekurangan darah. Delima dikenal juga dengan nama pomegrenate yang juga bagus sebagai antioksidan alami tubuh.

  1. Madu

Madu adalah makanan atau minuman universal. Madu bagus untuk Anak , dewasa , bahkan juga untuk yang kekurangan darah. Mengkonsumsi madu satu sendok setiap hari, setara dengan 0,42 mg zat besi ditambah dengan kandungan istimewa lainnya diantaranya magnesium dan tembaga yang juga mampu menambah tingkat hemoglobin darah.

jenis makanan alami penambah darah

Suplemen Penambah Darah

Banyak sekali jenis suplemen penambah darah yang disediakan di apotik ataupun toko obat. Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana kualitas suplemen penambah darah tersebut. Kualitas suplemen penambah darah bisa dilihat sertifikat kesehatannya, kandungannya, bahakan perhatikan juga efek sampingnya yang mungkin bisa timbul.

Obat Penambah Darah

Selain suplemen, terdapat juga jenis obat-obatan penambah darah. Namun obat-obatan penambah darah ini haruslah berdasarkan resep dokter. Karena obat penambah darah ini biasanya memiliki implikasi dan keterkaitan untuk beberapa penyakit tertentu.

Makanan Penambah Darah Alami

Selain daftar makan alami di atas, masih banyak lagi jenis makanan yang bagus untuk penambah darah yang kaya akan zat besi, protein dan vitamin. Intinya bagaimana kita bisa menjaga angka kecukupan gizi alias gizi seimbang yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan Penambah darah alami tidak hanya dilihat dari kandungan zat besi nya namun juga perhatikan kandungan Vitaminnya. Beberapa vitamin seperti vitamin B12 yang berperan dalam produksi sel darah merah pada sumsum tulang. Ada juga protein yang merupakan bahan baku sel-sel darah merah. Karenanya perhatikan juga makanan yang banyak mengandung protein sebagai makanan penambah darah, seperti telur, ikan, daging merah dan kacang-kacangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *