Mengenal Golongan Darah A

Golongan darah A merupakan kelompok dari beberapa tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus, dan dibagi menjadi negatif dan positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baiki Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh.

Golongan darah juga mempengaruhi karekteristik seseorang dari orang tua ke anak. Seseorang harus mengetahui golongan darahnya, hal ini bertujuan jika sewaktu-waktu memerlukan darah, akan sangat mudah untuk mencari nya. Berikut mengenai golongan darah A.

Golongan darah A

Golongan darah A

Melalui ABO, golongan darah dibagi menjadi 4 tipe, yaitu A, B, AB dan O.

  • Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antigen
  • Apabila Anda memiliki golongan darah B, maka Anda memiliki antigen B pada sel darah merah dan memproduksi antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.
  • Bila Anda memiliki golongan darah AB, maka Anda memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Anda tidak memiliki antibodi A serta B pada plasma darah.
  • Jika Anda memiliki golongan darah O, maka Anda tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah. Tipe ini akan memproduksi antibodi A dan B di plasma darah.

Golongan darah O bisa mendonorkan darahnya kepada siapa pun, namun kini tidak lagi dianjurkan. Golongan darah O negatif kemungkinan memiliki antibodi yang bisa menyebabkan reaksi serius selama transfusi darah berlangsung.

Tabel Kecocokan Sel Darah Merah Pendonor dan Penerima
Penerima    Pendonor
O− O+ A− A+ B− B+ AB− AB+
O− Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
O+ Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
A− Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
A+ Cocok Cocok Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
B− Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
B+ Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok
AB− Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok
AB+ Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok

Selain mendonorkan sel darah merah, transfusi plasma darah juga kerap dilakukan.

Karekteristik golongan
Penerima Pendonor
O A B AB
O Cocok Cocok Cocok Cocok
A Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok
B Tidak cocok Tidak cocok Cocok Cocok
AB Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok

Dengan mengetahui karakteristik golongan darah, risiko Anda terkena komplikasi akan berkurang. Bila tidak cocok antara Rh dan ABO pada saat transfusi darah bisa menyebabkan reaksi serius yang bisa membahayakan nyawa.

 

Pengaruh Golongan Darah Orang Tua kepada Anak

Golongan darah Anda dan pasangan akan menentukan golongan darah anak. Perlu Anda ketahui bahwa golongan darah antara anak dan orang tua berbeda. Ada beberapa perpaduan dari golongan darah A, B, AB Dan O pada darah yang menghasilkan jenis berbeda. Sehingga belum tentu darah dari kedua orang tua akan sama dengan anaknya. Sehingga jangan kawatir jika Anda tidak sama dengan orang tua Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *