Mengenal Darah O sebagai Donor Universal

Darah O termasuk macam-macam golongan darah dalam kesehatan yang pertama adalah ABO. Penggolongan darah ini sudah sangat akrab ditelinga kita, karena memang yang paling umum diketahui. Akan tetapi tahukan Anda fakta kesehatan dari setiap golongan darah ini? Setiap golongan darah memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri.

Berbagai jenis golongan darah juga akan menentukan karakter dari orang tersebut, serta dalam penyembuhan penyakit juga berbeda-beda. Penerapan pola hidup juga berpengaruh, untuk itu kami akan menjelaskan fakta-fakta seputar golongan darah O, simak artikel berikut ini.

Golongan Darah O

Donor universal

Golongan darah ini adalah sebagai donor universal. Artinya, orang dengan golongan darah ini dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah, seperti A, B, AB, dan O. Sementara, orang dengan golongan darah ini hanya dapat menerima transfusi darah dari sesama.

Namun hal ini hanya dapat dilakukan pada kondisi darurat saja, karena kini diketahui bahwa transfusi golongan darah O pada golongan yang lain, tetap mungkin akan menimbulkan reaksi berbahaya. Sehingga untuk beberapa kasus, tidak boleh melakukan hal tersebut karena akan membahagiakan pasien.

Tidak memiliki antigen

Antigen sendiri merupakan molekul protein yang terdapat di sel darah merah. Berbeda dengan golongan darah A, B, dan AB. Golongan darah ini tidak memiliki antigen. Dan merupakan zat yang dianggap berbahaya oleh tubuh, sehingga memicu antibodi untuk melawan.

Selain itu, golongan darah lainnya juga tidak memiliki antibodi terhadap golongan darah tersebut, hal itu yang memungkinkan golongan darah tersebut bisa ditransfusi ke semua golongan darah.

Ada pilihan olahraga yang tepat

Pilih juga beberapa olahraga kebugaran merekomendasikan untuk orang-orang dengan darah tersebut lebih cocok untuk melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Seperti berlari, jogging, bersepeda atau olahraga sejenis lainnya yang bersifat aerobik.

Karena setiap golongan darah memiliki tipe masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan rutin berolahraga akan menambah banyaknya jumlah sel darah sehingga akan terus ter perbaharui, dan tentunya Anda akan jauh lebih sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Golongan Darah O

Terlepas dari gangguan kesehatan yang dapat menyerang golongan darah ini, cara menjaga kesehatan golongan darah juga harus diperhatikan dengan baik. Bagi pemilik golongan darah ini fakta kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa pantangan makanan untuk golongan darah berikut.

Menurut fakta kesehatan pantangan makanan yang dimakan adalah daging babi, cumi cumi, soton, gurita, kodok, kerang, burung puyuh, yoguhrt. Agar kesehatan selalu terjaga, tidak hanya makanan saja yang menjadi perhatian. Olahraga juga harus dilakukan agar selalu sehat. Untuk pemilik darah tersebut  olahraga dengan cara yang cepat seperti aerobik, high impact dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda.

Sekarang bagaimana bagi Anda pemilik golongan darah ini mengenai fakta kesehatan ini. Menjaga kesehatan sangatlah penting, bukan hanya bagi pemilik darah saja. Agar senantiasa sehat, pola makan serta berolahraga menjadi kunci kesehatan kita yang utama.

Itulah fakta golongan darah O yang penting untuk diketahui. Disarankan berkonsultasi kerja dokter terlebih dahulu untuk memastikan cocok dengan kondisi Anda. Karena jika Anda salah dalam menerapkan pola hidup sehat, maka akan berpengaruh pada kesehatan Anda.

Jadi, selain memilih makanan yang tepat, juga disarankan untuk memilih olahraga yang tepat. Itu sebuah berfungsi dalam kestabilan jumlah darah di dalam tubuh. Badan yang sehat tentu juga menghasilkan energi lebih banyak.

Tabel golongan darah - Darah O

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *