Golongan Darah Langka : Darah AB

Jika Anda memiliki golongan darah AB, berarti Anda unik karena golongan darah ini sangatlah jarang. Mengapa tipe darah ini sangat sedikit?. Setiap orang mewarisi golongan darahnya dalam gen. Darah dapat menyandikan protein yang terekspresi di permukaan sel darah dan hal ini bisa Di deteksi di laboratorium.

Setiap darah mengandung komponen dasar yang sama, yakni sel darah merah, sel darah putih, platelet, dan plasma. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang belakang. Bagian darah ini bekerja keras membawa oksigen ke seluruh tubuh.  Pada dua atau tiga tetes darah memiliki sekitar satu juta sel darah.

Membekukan pembuluh darah yang terluka, serta sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen dan penyakit merupakan fungsi dari platelet. Sehingga perannya sangat penting. Untuk itu mari kenali lebih jauh lagi seputar golongan darah yang satu ini.

Mengenal fakta seputar golongan darah AB

Langka
Proporsi golongan darah di masyarakat sebagai berikut:
– O positif: 37,4 persen
– O negatif: 6,6 persen
– A positif: 35.7 persen
– A negatif: 6,3 persen
– B positif: 8,5 persen
– B negatif: 1,5 persen
– AB positif: 3,4 persen
– AB negatif: 0.6 persen

Persentase tersebut memang berbeda-beda tergantung pada wilayah negara. misalnya saja golongan darah B lebih banyak ditemukan pada orang dari Asia dibanding pada orang Kaukasia. Sementara golongan darah O banyak dimiliki orang dari Amerika latin.

Meskipun, dari penelitian itu terlihat jelas bahwa golongan darah ini sangat jarang. Walau kita mewarisi satu gen untuk tipe darah dari masing-masing orang tua, tetapi cukup sulit menghasilkan tipe AB.

Orang dengan golongan darah A bisa mewarisi gen A dari kedua orang tuanya atau gen A dari salah satu orang tua dan gen O dari pihak lainnya. Golongan darah B juga begitu. Sementara orang bergolongan darah O mewarisi dua gen o.

Orang golongan darah AB mewarisi gen A dari satu pihak orangtua dan gen B dari pihak lainnya. Walau demikian, memiliki golongan darah yang langka ternyata juga memiliki keuntungan.  Darah AB positif bisa menerima semua tipe darah, sehingga disebut juga dengan penerima universal.  Bila Anda termasuk orang yang memberi.

Keuntungan terbesar adalah yang bergolongan darah O karena bisa diterima oleh siapa saja. Orang dengan darah O juga disebut donor universal. Salah satu penyakit yang perlu kamu waspadai selain kanker dan diabetes mungkin adalah penyakit jantung.

Apa saja penyakit yang dapat menyerang darah AB ?

Kardiovaskuler atau yang berhubungan dengan jantung memang menjadi salah satu penyakit yang banyak membunuh orang. Dan jika Anda terlahir dengan golongan tersebut, ternyata risiko Anda makin besar mengalami penyakit jantung.

Penelitian tahun 2012 dari Harvard School of Public Health (HSPH) menemukan bahwa orang-orang yang bergolongan darah ini punya risiko lebih besar mengalami penyakit jantung dibanding golongan darah lain. Sehingga Anda harus lebih menjaga kesehatan.

Bila Anda memiliki golongan darah ini maka sudah pasti Anda sangat berbeda dari yang lainnya, dilihat dari jumlah hanya beberapa orang saja yang mempunyai darah tersebut. Untuk itu selalu jaga kesehatan, terutama dalam hal berolahraga, agar terhindar dari penyakit koroner yang dapat membahayakan Anda.

Dan selalu penuhi asupan nutrisi, agar darah Anda terperbaharui dengan sempurna, karena darah Anda sangat berharga.

Golongan Darah AB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *