Fakta Unik dan Menarik Seputar Golongan Darah B+

 

Setiap manusia yang hidup pasti membutuhkan darah sebagai suatu hal yang sangat penting dalam tubuh mereka. Darah mempunyai peranan yang vital. Tanpa darah manusia tidak bisa menjalani hidup dengan normal. Darah mempunyai fungsi sebagai pembawa sari-sari makanan ke seluruh tubuh, pengatur suhu tubuh, penyembuh pada luka, dan juga sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Darah juga mempunyai peranan penting membuang zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh, seperti karbon dioksida sisa hasil dari pernapasan yang diangkut keluar oleh darah.

Penyakit pada darah sendiri juga bermacam-macam, anemia atau lebih dikenal dengan kurang darah, varises, hipertensi atau darah tinggi, hipotensi, leukimia, jantung koroner, gagal jantung dan hemofilia.

Penyakit-penyakit tersebut tentu saja mengganggu kerja darah dan membuat permasalahan di dalam tubuh. Faktor penyebab bisa karena keturunan, pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok atau karena suatu efek dari penyakit kronis.

golongan darah b+

Darah sendiri dibagi menjadi delapan golongan, yaitu golongan darah A+, A-, golongan darah B+,  B-, O+, O-, AB+ dan AB negatif. Golongan darah tersebut yang paling langka ditemukan di seluruh manusia di dunia adalah golongan darah AB. Baik untuk  golongan darah AB positif maupun AB negatif.

Disini kita akan membahas mengenai golongan darah B+ dan B negatif beserta fakta-fakta menarik mengenai golongan darah B tersebut.

Fakta Menarik Mengenai Golongan Darah B+ dan Golongan Darah B-   

  1. Merupakan golongan darah paling banyak

Ada sekitar 8,5 dari jumlah populasi di dunia yang mempunyai golongan darah B+. Berbeda dengan golongan darah AB yang menjadi golongan darah yang langka.

  1. Kecocokan antigen

Antigen merupakan suatu zat yang wajib anda ketahui. Karena dengan antigen ini anda bisa mengetahui ke golongan darah apa saja anda bisa melakukan donor atau transfusi darah. Apabila anda melakukan transfusi darah ke jenis antigen yang berbeda dengan yang anda miliki maka tubuh dari penerima darah akan memperlihatkan tubuhnya menolak bahkan imun tubuh akan berbalik menyerang dan bisa memicu permasalahan yang serius.

Oleh karena itu anda wajib mengetahui antigen darah anda terlebih dahulu sebelum melakukan transfusi.  Darah B mempunyai antigen B dan juga Rh, artinya golongan darah B bisa melakukan transfusi ke orang yang mempunyai golongan darah B+, B-, O+ dan juga O-.  Golongan darah B untuk laki-laki dalam satu tahun bisa melakukan transfusi sebanyak empat kali. Untuk perempuan bisa tiga kali.

  1. Penyakit yang menyerang golongan darah B

Golongan darah B yang sehat mempunyai kekebalan tubuh yang kuat terhadap beberapa penyakit. Orang yang mempunyai golongan darah B sehat kebal terhadap serangan penyakit. Namun golongan darah B rentan terhadap virus.

  1. Kepribadian

Orang yang mempunyai golongan darah B cenderung menjadi pribadi yang cuek. Dia merupakan orang yang fleksibel, kreatif, subjektif dan juga orang-orang yang mempunyai idealis.

  1. Rekomendasi diet

Untuk anda yang mempunyai golongan darah B+ atau B- yang mempunyai berat badan berlebih dan ingin diet, sebaiknya menghindari mengonsumsi daging ayam. Anda bisa menggantinya dengan daging kambing atau domba.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah telur, sayuran-sayuran hijau dan juga susu rendah lemak.

Untuk menjaga metabolisme tubuh, kebugaran dan juga menerapkan pola hidup gang sehat, orang dengan golongan darah B bisa berolahraga bela diri, hiking,  tenis, golf dan juga bersepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *