Fakta : Inilah Golongan Darah Langka di Dunia

Darah menjadi suatu yang sangat penting dalam tubuh kita. Apabila kita tidak memiliki darah maka sudah di pastikan kita tidak bisa hidup secara normal. Darah sendiri mempunyai beberapa fungsi berikut ini :

  • Menyebarkan sari makanan. Darah berfungsi membawa sari makanan yang diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh.
  • Mengangkut oksigen. Darah mempunyai peranan penting mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
  • Mengedarkan hormon. Selain membawa oksigen darah juga mempunyai fungsi untuk mengedarkan hormon.
  • Membawa zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh keluar. Seperti dalam proses pernapasan, darah mengangkut karbon dioksida.
  • Darah berfungsi untuk menyerang bakteri dan kuman-kuman yang berbahaya di dalam tubuh.
  • Darah juga berfungsi sebagai penyembuh luka serta untuk pengatur suhu tubuh manusia.

Dari bermacam-macam golongan darah yang dimiliki manusia di seluruh dunia, ada golongan darah langka yang dimiliki hanya oleh sebagian manusia saja. Golongan darah ini adalah golongan darah AB negatif dan B negatif. Banyak para ahli kesehatan yang mengklaim golongan darah paling langka di dunia adalah golongan darah AB negatif yang hanya dimiliki oleh empat persen manusia di seluruh dunia.

Golongan Darah Langka

Penyebab AB Menjadi Golongan Darah Langka, Berikut Penjelasannya.  

Pembagian golongan darah manusia

Golongan darah pada tubuh manusia tidak lah sama antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Golongan darah pada tubuh mana manusia di tentukan oleh antigen yang mengelompokkan golongan darah menjadi delapan golongan. Yaitu golongan darah A, A negatif, B, B negatif, O, O negatif, AB dan AB negatif.

Golongan darah A berarti anda hanya mempunyai satu antigen yaitu A begitu juga dengan golongan darah B. Untuk golongan daerah O berarti bisa salah satu pembentuknya mempunyai antigen A atau B.

Untuk golongan darah AB berarti dibentuk dengan dua antigen yaitu antigen A dan antigen B. Golongan darah sangat lah penting untuk menentukan proses transfusi darah.

Sebelum anda melakukan transfusi anda harus mengetahui terlebih dahulu antigen pada golongan darah anda. Karena apabila seseorang menerima tipe darah yang berbeda maka tubuh akan menolak dengan memberikan respons yang berbahaya. Yaitu sistem imun dalam tubuh akan menyerang hingga terjadi suatu masalah serius.

Golongan darah AB dan AB negatif merupakan golongan darah langka yang hanya dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat di dunia. Dari jumlah seluruh penduduk di dunia dari usia anak-anak hingga dewasa, laki-laki atau perempuan hanya ada 3,4 persen yang mempunyai golongan darah AB positif, dan 0,6 yang mempunyai golongan darah AB negatif. Benar-benar golongan darah langka yang susah di temui.

Keuntungan darah AB

Untuk anda yang memiliki golongan darah AB tidak perlu cemas. Walaupun AB merupakan golongan darah langka namun golongan darah AB bisa menerima transfusi darah dari semua golongan. Sehingga golongan darah AB sering disebut dengan istilah golongan darah penerima universal.

Untuk golongan darah O, anda bisa menjadi donatur untuk semua golongan darah. Dengan artian golongan darah O merupakan satu-satunya golongan darah yang bisa di donorkan untuk semua jenis golongan darah yang ada pada manusia. Sehingga golongan darah O sering disebut dengan golongan darah pemberi universal.

Semua golongan darah adalah sama. Semua golongan darah yang terdapat di dalam tubuh manusia mempunyai fungsi dan peran yang sama. Yaitu sama-sama berperan penting dalam proses kehidupan manusia. Dari peran pentingnya dalam pernapasan,  pengangkutan sari makanan hingga peran darah sebagai tameng diri dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *